Pocket Academy adalah game simulasi yang bisa mewujudkan mimpi siapa saja yang ingin menjadi seorang kepala yayasan SMA.
Pasalnya, dalam game yang grafisnya berbasis pixel ini, kita bisa membangun dan mengembangkan sekolah kita sendiri semaunya.
Tingkat keberhasilan seluruh murid yang bersekolah di dalamnya, baik dari sisi akademis maupun karir usai kelulusan, sepenuhnya ada di tangan kita.
Seru, kan?
Seperti apa gamenya? Adakah tips dan trik dalam memainkan game Pocket Academy ini?
Simak yuk penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Daftar Isi
Sekilas Tentang
Pocket Academy adalah game besutan pengembang Kairosoft yang memberi kebebasan kita untuk mengelola sebuah sekolah di tingkat SMA.
Mulai dari membangun fasilitas, mempekerjakan staff pengajar, menyediakan klub sebagai aktivitas tambahan, menentukan karir murid setelah nantinya mereka lulus, hingga membantu anak didik menemukan kekasih hati.
Karena latarnya adalah SMA, maka masing-masing murid akan bersekolah selama 3 tahun.
Dan di setiap tahun ajaran baru, akan ada murid-murid baru pula yang masuk ke sekolah kita.
Secara umum, tugas kita sebagai kepala yayasan, adalah memastikan sekolah yang kita miliki berjalan dengan baik. Terutama dari segi pendapatan.
Pendapatan ini dipengaruhi secara tidak langsung oleh popularitas sekolah itu sendiri.
Dan popularitas sekolah dipengaruhi oleh banyak hal. Kelengkapan fasilitas, prestasi akademik, dan tingkat kelulusan adalah tiga di antaranya.
Yah, pada dasarnya, sama saja seperti saat mengelola manajemen artis dalam March To A Million. Gampang gampang susah.
Untuk saat ini game Pocket Academy tersedia dalam 4 versi. Yaitu versi Android, iOS, Nintendo Switch, dan DoCoMo.
Versi full dari game ini berbayar dengan bandrol Rp 70.000,- pada saat artikel ini ditulis.
Teman-teman bisa mencicipi versi gratisnya dengan mengunduh Pocket Academy ZERO maupun Pocket Academy Lite.
Peringkat Sekolah
School Rank atau peringkat sekolah sangat berpengaruh di dalam game ini.
Terutama untuk mengaktifkan struktur / bangunan tertentu.
Oleh karena itu, dalam bermain, fokus utama kita adalah berusaha secepat mungkin memenuhi persyaratan yang diminta untuk meningkatkan peringkat sekolah.
Total ada 5 peringkat yang bisa diraih. Yaitu Promising School, Developing School, Major School, Prestigious School, dan Legendary School.
Berikut persyaratan masing-masing yang harus dipenuhi.
Peringkat Sekolah | Persyaratan | Hadiah |
---|---|---|
New | Peringkat awal | - |
Promising | 5 murid | - |
Developing | 14 murid | - |
1 Popular Spot | ||
Year 2 | ||
Major | 18 murid | Panel Hall |
3 Popular Spot | ||
Rata-rata nilai 200 | ||
Year 4 | ||
Prestigious | 20 murid | - |
6 Popular Spot | ||
Rata-rata nilai 400 | ||
Year 6 | ||
Legendary | 28 murid | Danau |
16 Popular Spot | ||
Rata-rata nilai 400 | ||
Year 20 | ||
Menang 8 kompetisi klub |
Daftar Struktur
Dalam game Pocket Academy, struktur dibagi menjadi 3 tipe. Yaitu Environmental (lingkungan), Facilities (fasilitas), dan Special (khusus / spesial).
Sebagian dari struktur ini harus diriset terlebih dahulu sebelum bisa dibangun.
Sebagian juga hanya bisa diriset setelah sekolah kita mencapai peringkat tertentu.
Agar tidak rancu, nama-nama struktur di bawah saya tulis sesuai dengan nama yang ada di dalam game Pocket Academy.
Daftar Struktur Environmental
Environmental adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan lingkungan. Seperti pohon, bunga, dan sebagainya.
Selain untuk mempercantik sekolah, juga untuk meningkatkan popularitas dari bangunan lain di sekitar.
Berikut daftar struktur tipe Environmental dan syarat akses masing-masing (jika ada).
Nama Struktur | Syarat Akses |
---|---|
Wood Hall | Tersedia di awal |
Panel Hall | Peringkat Major School |
Dirt Path | Tersedia di awal |
Sidewalk | Peringkat Promising |
Grass | Peringkat Developing School |
Flowers | Tersedia di awal |
Lake | Peringkat Legendary School |
Woods | Tersedia di awal |
Big Tree | Tersedia khusus di map tertentu |
Azalea | Peringkat Promising School, Garden Spot |
Pine | Peringkat Developing School, Bio Spot |
Bamboo | Peringkat Major School, 18+ murid |
Poplar | Peringkat Prestigious School, 20+ murid |
Palm Tree | Peringkat Legendary School, 25+ murid |
Big Rock | Peringkat Promising School, 20+ azalea |
Daftar Struktur Facilities
Facilities adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan fasilitas murid dan guru.
Selain untuk meningkatkan kemampuan murid, fasilitas juga bermanfaat untuk menciptakan kombo atau spot. Lebih lanjut soal spot dibahas di bawah.
Setiap fasilitas memiliki beban biaya perawatan. Oleh karena itu, sebaiknya bijak dalam memilih dan membangun fasilitas. Terutama di tahun-tahun awal permainan.
Berikut daftar struktur tipe Facilities dan syarat akses masing-masing (jika ada).
Nama Struktur | Syarat Akses |
---|---|
Locker Rm | Y1 M6 |
Well | Tersedia di awal |
Bulletin Bd | Tersedia di awal |
Inst Shelt | 2 Field |
Trampoline | 2 Wtr Fntn |
Dojo | 2 Gyms |
Arcade | Peringkat Developing School |
Bench | Peringkat Promising School |
Planetarium | Peringkat Prestigious School, 1 lulusan Astronaut |
Snack Store | 10 murid |
Vending Rm | Peringkat Developing School, Snack Store |
Wtr Fntn | 7 murid |
Rest Rm | 4 murid |
Misc Room | 16 murid |
Lounge | 5 murid |
PA Rm | 7 murid |
Nurse's Rm | 5 murid |
Library | 7 murid |
AV Room | Peringkat Developing School |
Tiny Mart | Peringkat Major School |
Lab | Peringkat Developing School, Int >= 90 |
Music Rm | Peringkat Promising School, Int >= 90 |
Cafeteria | Peringkat Developing School, Att >= 75 |
Art Rm | Music Rm, Int >= 90 |
Hm Ec Rm | Int >= 90 |
Comp Rm | Peringkat Developing School, Lab |
Track | Peringkat Promising School, Ath >= 50 |
Tennis Ct | Peringkat Promising School, Ath >= 40 |
B-Ball Ct | Tennis Ct, Ath >= 60 |
Baseball Fld | 2 Tennis Ct, Ath >= 80 |
Soccer Fld | 1 Baseball Fld, Ath >= 105 |
Gym | Peringkat Developing School, Comp Rm, Int >= 95 |
Pool | Peringkat Prestigious School, Gym, Ath >= 110 |
Incinerator | 5 murid |
Daftar Struktur Special
Special adalah segala sesuatu yang sifatnya khusus dan hanya bisa dibangun dalam jumlah terbatas.
Termasuk di antaranya adalah ruang kelas, ruang klub, ruang guru, dan ruang kepala sekolah. Kurang ruang tata usaha (TU) aja nih.
Sebagian bangunan spesial memiliki karakteristik gabungan dari Environmental dan Facilities. Yaitu menambah pengeluaran dan bisa meningkatkan popularitas bangunan lain.
Berikut daftar struktur tipe Special dan syarat akses masing-masing (jika ada).
Nama Struktur | Syarat Akses |
---|---|
Club | Y2 M6 |
Totem Pole | Diberikan secara acak saat kelulusan |
Rocket | Peringkat Legendary School, 10 lulusan Astronaut |
Classroom | Diberikan saat kelas penuh |
Prncpl Rm | Peringkat Promising School |
Gate | Tersedia di awal |
Chicken Rm | Tersedia di awal |
Rabbit Rm | Peringkat Promising School |
Pig Rm | Peringkat Developing School |
Cow Rm | Peringkat Developing School |
Duck Rm | Peringkat Major School |
Panda Rm | Peringkat Developing School, 2 lulusan Adventurer |
Koala Rm | Peringkat Major School, 4 lulusan Adventurer, Fiery Spot |
Giraffe Rm | Peringkat Prestigious School, 7 lulusan Adventurer, Fiery Spot |
Gator Rm | Hanya tersedia peta tertentu |
Elephant Rm | Peringkat Prestigious School, 11 lulusan Adventurer, 1 lulusan Conductor, Fiery Spot |
Mole Rm | Peringkat Prestigious School, Cooking Spot |
Kairobot Rm | Peringkat Legendary School, Jealousy Spot, 5 Gold Robot |
Teacher Rm | Tersedia di awal |
Bronze St | 16 murid |
Gold St | Year 5 |
Stone Robot | Year 8 |
Gold Robot | Year 15 |
Cherry Tree | Tersedia di awal |
Field | Tersedia di awal |
Popular Spot
Spot atau Popular Spot adalah istilah dalam game Pocket Academy untuk kombo.
Spot terbuat dari 3 struktur yang dibangun dalam jarak 3 kotak. Bagi yang sudah biasa main game-game besutan Kairosoft pasti sudah paham.
Total ada 30 spot yang bisa dibangun dalam Pocket Academy.
Berikut daftar Popular Spot yang ada dan cara membuatnya.
Popular Spot | Struktur 1 | Struktur 2 | Struktur 3 |
---|---|---|---|
Exercise Spot | Track | B-Ball Ct | Vending Rm |
Date Spot | Tennis Ct | Woods | Library |
Friend Spot | Wtr Fntn | Nurse's Rm | Lounge |
Spooky Spot | Music Rm | Lab | Incinerator |
Study Spot | Prncpl Rm | Library | AV Room |
Art Spot | Art Rm | Music Rm | Misc Room |
Homey Spot | Nurse's Rm | Hm Ec Rm | Rest Rm |
Shopping Spot | Snack Store | Tiny Mart | Cafeteria |
Sports Spot | Soccer Fld | Pool | Gym |
Famous Spot | Bronze St | Comp Rm | Gold St |
Meat Spot | Pig Rm | Cafeteria | Cow Rm |
Garden Spot | Grass | Field | Wtr Fntn |
Twilight Spot | Woods | Slope | Baseball Fld |
Power Spot | Well | Woods | Grass |
Fashion Spt | Tennis Ct | Art Rm | Hm Ec Rm |
Cosmos Spot | Planetarium | Rocket | AV Room |
Fiery Spot | B-Ball Ct | Soccer Fld | Incinerator |
Waiting Spot | Bulletin Bd | Big Rock | Rest Rm |
Club Spot | Tiny Mart | Soccer Fld | Club |
Relaxing Spot | Azalea | Grass | Bench |
Water Spot | Lake | Rest Rm | Well |
Bio Spot | Lab | Comp Rm | Mole Rm |
Tall Spot | Totem Pole | Giraffe Rm | Bronze St |
Action Spot | Trampoline | Dojo | Club |
African Spot | Elephant Rm | Giraffe Rm | Totem Pole |
Cooking Spot | Incinerator | Hm Ec Rm | Wtr Fntn |
Election Spot | Prncpl Rm | Teacher Rm | Lounge |
Jealousy Spot | Incinerator | Cafeteria | Hm Ec Rm |
Kairo Spot | Gold Robot | Stone Robot | Kairobot Rm |
Tips dan Trik Pocket Academy
Berikut beberapa tips dan trik seputar game Pocket Academy. Terutama untuk tahun-tahun pertama dimana keuangan masih seret.
Di awal, jangan ragu untuk menyingkirkan struktur yang sekiranya belum diperlukan dan memakan biaya perawatan besar.
Jika memiliki sumber daya yang cukup, secepat mungkin lakukan riset struktur dan membangunnya.
Kita bisa memindahkan struktur secara gratis melalui menu rearrange. Manfaatkan untuk menciptakan Popular Spot dengan seefisien dan seefektif mungkin.
Untuk struktur yang mensyaratkan nilai akademik tertentu, murid yang memenuhi syarat harus mendatangi Bulletin Board terlebih dahulu sebelum struktur tersebut bisa diakses. Oleh karena itu, bangun beberapa Bulletin Board dan sebar di berbagai sudut peta.
Gaji guru cukup menguras dompet dalam game ini. Oleh karena itu, untuk di awal, sesuaikan jumlah guru dengan jumlah kelas. Jangan mempekerjakan lebih dari itu.
Lakukan Special Class HANYA pada saat ada murid yang auranya menyala di kelas yang bersangkutan. Pilih jenis kelas yang paling tinggi untuk memberikan hasil maksimal.
Jangan terlalu banyak membangun struktur di awal. Ingat masing-masing struktur memiliki biaya perawatan.
Fokus pada satu klub saja hingga klub tersebut berhasil memenangkan kompetisi. Hindari membangun beberapa klub sekaligus.
Tingkatkan poin Spirit dari klub untuk memperbesar kemungkinan memenangkan kompetisi. Bangun struktur Environmental dan Popular Spot di sekitarnya.
Selesaikan Challenge secepat mungkin karena bisa meningkatkan biaya sekolah dan menambah pemasukan.
Dalam membangun struktur, gunakan daftar Spot di atas sebagai acuan. Sebisa mungkin ciptakan Popular Spot baru karena akan mendongkrak popularitas sekolah. Jangan lupa juga bahwa salah satu syarat untuk bisa naik peringkat adalah jumlah Popular Spot yang dimiliki.
Itu tadi beberapa tips dan trik dari Pocket Academy yang saya ingat. Nanti akan saya tambahkan lagi jika ada yang lain.
Penutup
Pocket Academy adalah salah satu game terbaik dari Kairosoft.
Ide permainan simulasi yang unik tereksekusi dengan baik.
Segala hal yang pernah kita alami sendiri di masa sekolah bisa ditemui di dalamnya.
Saya bahkan tidak menyangka Kairosoft bisa lebih mengembangkan lagi game ini dengan menghadirkan Pocket Academy 3 di tahun 2022.
Untuk yang satu itu nanti menyusul dibahas di Curcol.Co, ya.
Selamat bermain!
Leave a Reply