Ada satu istilah dalam kancah percapitan boneka yang sedikit banyak mungkin sudah diketahui, atau setidaknya pernah didengar, oleh teman-teman yang berkecimpung di dunia tersebut. “Drop Skill” atau “Dropping Skill” namanya. Istilah ini mengacu pada kondisi dimana kekuatan capitan pada mesin capit boneka (atau claw machine pada umumnya) secara tiba-tiba akan mengalami penurunan sehingga boneka atau hadiah yang sudah tercapit akan terlepas begitu saja. Momennya adalah pada saat boneka sudah tercapit dan capitan mulai bergerak menuju lubang hadiah.
Disadari atau tidak, hampir semua mesin capit memiliki pengaturan untuk menentukan bisa tidaknya terjadi drop skill. Jika ya, bisa ditentukan pula frekuensinya. Sekali lagi, ini bisa diatur di hampir semua claw machine. Jadi bukan hanya mesin-mesin tertentu saja. Kalaupun ada yang tidak pernah / jarang terjadi, pada mesin The Big One misalnya, berarti memang sudah di-setting sedemikian rupa. Toh di mesin tersebut lebih besar potensi boneka jatuh karena pengaruh berat beban dan gaya gravitasi bumi, sehingga tidak perlu dipersulit lagi dengan adanya drop skill.
Di dalam salah satu buku manual pengaturan mesin capit, terlihat bahwa situasi drop skill ini berkaitan dengan kekuatan listrik dari komponen pencapit. Secara teknis, apabila mesin menerima sinyal untuk melakukan drop skill, maka kekuatan listrik dari komponen pencapit akan hilang selama beberapa saat. Otomatis capitan akan terbuka dan hadiah yang sedang dibawa akan terlepas. Kita (atau lebih tepatnya pemilik mesin) bisa menentukan nilai dropping skill di mesin tersebut, dimana semakin besar nilainya maka durasi terjadinya drop skill juga akan semakin lama.
Jika teman-teman pernah memperhatikan terkadang kekuatan capitan lebih strong dari biasanya, yah itu pun bisa diatur oleh mesin. Pada contoh buku manual di atas, bagian super clip yang berkaitan dengannya.
Selain pengaturan capitan, mesin juga bisa diatur agar pemiliknya tidak bakalan rugi. Saya lupa nama mesinnya, tapi jika teman-teman tahu, biasanya ini terjadi pada mesin-mesin yang hadiahnya harus didorong jatuh dengan menggunakan stik. Posisi stik saat mendorong ini yang diarahkan oleh pemain. Ingat, kan?
Jadi, pada pengaturan mesin kita bisa meng-input-kan rata-rata harga produk / hadiah yang disediakan, plus biaya permainan setiap sesinya. Nantinya, mesin akan memastikan secara otomatis agar pemasukan yang diterima pemilik lebih besar dari total harga produk yang ada.
Sebagai contoh, rata-rata harga boneka adalah Rp 50.000,- dengan sekali bermain dipatok biaya Rp 5.000,-. Dengan parameter ini, mesin akan memastikan akan ada MINIMAL 10 pemain yang GAGAL sebelum 1 boneka bisa diambil.
Mungkinkah seseorang berhasil mendapatkan hadiah beberapa kali berturut-turut? Mungkin saja, JIKA sebelum ia bermain sudah banyak orang yang gagal dan catatan si mesin sudah menunjukkan profit bagi pemiliknya.
Sekedar info saja, untuk kasus mesin hadiah yang disodok dengan stik di atas, jika memang belum waktunya hadiah diberikan, seberapa teliti kita mengatur posisi stik, PASTI TIDAK AKAN PERNAH pas dengan lubang. Agar tidak rugi bermain di mesin tersebut, sebaiknya coba 1-2x permainan dan perhatikan apakah posisi stiknya pada saat bergerak ke lubang mengalami pergeseran atau tidak. Jika ya, berarti belum waktunya. Tapi jika tidak, alias posisinya stabil, berarti kemungkinan besar hadiah sudah bisa dimenangkan.
Beberapa mesin memiliki sistem pengaturan yang lebih sederhana ketimbang di atas, namun intinya tetap sama: untuk memastikan pemiliknya tidak bangkrut. Ada yang capitannya hanya kuat mencapit sekali saja DALAM setiap beberapa kali permainan, ada yang bisa diatur RANGE persentase kemenangan / keberhasilan mendapatkan hadiah per harinya (antara 20% hingga 50% misalnya), atau yang lebih parah, ada yang capitannya hanya kuat SETELAH mesin dimainkan minimal X permainan.
Yang terakhir ingin saya singgung adalah pengaturan yang bersifat umum. Perhatikan screenshot buku manual salah satu mesin berikut ini.
Yang ingin saya garis bawahi adalah pada opsi “Catch In Air”. Jika teman-teman pernah bermain di mesin capit boneka yang pada saat capitannya turun kita bisa menekan tombol agar capitannya menutup di tengah jalan (sebelum mentok ke bawah), berarti mesin tersebut memiliki opsi ini dan oleh pemiliknya sengaja diaktifkan. Pada beberapa kasus, adanya opsi ini bisa memperbesar persentase keberhasilan meraih hadiah idaman loh.
Sebagai penutup, yah jika memang kita hanya ingin sekedar bersenang-senang, abaikan saja segala penjelasan di atas. Cukup mainkan dan bergembiralah ketika boneka berhasil tercapit hingga dijatuhkan di lubang hadiah. Tapi di sisi lain, bagi yang ingin naik level di dunia percapitan, tidak ada salahnya untuk memahami bagaimana cara mesin yang bersangkutan bekerja, sehingga kerugian bisa kita tekan. Setuju?
Leave a Reply