Jadwal Imsakiyah dan Shalat Ramadhan 1437H / 2016

Bulan suci ramadhan tahun 2016 sudah tinggal dalam hitungan hari. Ya, kurang dari sebulan lagi kita bakal memasuki tiga puluh hari yang penuh hikmah dan berkah. Saat dimana kita diwajibkan untuk menahan nafsu, lapar, dan dahaga selama sehari penuh, namun sebagai gantinya, diberi limpahan pahala oleh Allah SWT. Bagi umat muslim, bulan ramadhan adalah saat dimana kita hilangkan rasa malas untuk beribadah dan menggantinya dengan kata rajin serajin-rajinnya, agar tidak ada jadwal shalat yang terlewat. Walau ada juga sih, yang memaknainya dengan momen asik buka atau sahur bersama bareng keluarga, rekan kerja, gebetan, dan sebagainya. Teman-teman Curcoler termasuk yang mana nih?

Ngomong-ngomong tentang buka bersama, jangan lupa loh kalau kita bisa meraih ekstra super bonus pahala apabila kita memberi makanan berbuka kepada orang yang berpuasa. Silahkan cari sendiri deh haditsnya, shahih kok, dan saya yakin juga sudah banyak yang tahu. Dari HR Turmudzi kalau gak salah. Dan gak perlu mikir atau planning cara yang ribet dan aneh-aneh. Seperti nyiapin takjil atau nasi bungkus dalam jumlah tertentu, terus cari spot di pinggir jalan ramai dan berdiri sambil bagi-bagiin ke pengendara yang lewat. Memang gak salah sih, dan oke aja kalau temen-temen ada waktu. Tapi buat yang waktunya terbatas, teman-teman bisa pakai cara yang rutin saya lakukan beberapa tahun belakangan ini — ngasih persediaan air mineral gelas (atau sejenisnya) ke mushola yang ramai tapi tidak ada pengurusnya. Mushola di mall misalnya. Cuman air mineral? Yah, yang penting kan niatnya. Lagipula itu kan contoh aja, bisa diupgred dengan nyediain minuman botolan yang ada rasanya dan kue kering plus kurma misalnya.

Eniwei, kembali ke masalah jadwal. Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, di Indonesia seringkali terjadi perbedaan waktu mulai puasa dan waktu melaksanakan sholat Idul Fitri alias lebaran. Meski menurut data (yang maaf sekali saya lupa sumbernya) negara kita tercinta adalah satu-satunya negara mayoritas Islam yang memiliki perbedaan tersebut, namun karena sudah berlangsung sedemikian lama, masyarakat pun sudah terbiasa dan tidak lagi mempermasalahkannya. Untungnya, pada bulan ramadhan tahun ini, perbedaan tersebut hilang, dan baik pemerintah maupun Muhammadiyah menyepakati bahwa puasa edisi perdana akan dimulai pada hari Senin tanggal 6 Juni 2016. Lebarannya? Ya tanggal 6 Juli dong, hari Rabu tepatnya.

Nah, bagi yang membutuhkan, berikut ini ada kalendar jadwal imsakiyah dan shalat lengkap periode 1437 H (2016) untuk berbagai provinsi dan wilayah yang ada di Indonesia. Termasuk di antaranya untuk wilayah Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya. Silahkan klik pada gambar yang sesuai untuk melihat tampilan versi asli, simpan, lalu cetak dan tempelkan di dinding kamar Anda agar tidak lupa. Tidak ada lagi alasan deh untuk tidak shalat tepat waktu atau bangun pagi tidak tepat waktu dan melewatkan makan sahur 🙂 Ada info arah kiblatnya juga loh, cucok buat referensi ketika sedang bepergian ke kota atau provinsi lain. Saya juga rencananya bakal ngabuburit di ramadhan 2016 ini dengan traveling, cuman masih belum tahu mau kemana, hehehe.

Semoga bermanfaat, gaes. Oh iya, jadwal di atas diambil dari situs muhammadiyah.or.id. Tautan ke artikel aslinya tidak bisa saya temukan dari situsnya, nanti akan saya updet lagi bagian ini jika sudah ketemu. Jadi sekali lagi, semoga jadwal imsakiyah 2016 di atas bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Selamat menjalankan ibadah puasa!

Tema artikel yang berhubungan: , ,

Reply